Jumat, 30 Desember 2011

Cara Memilh dan Memakai Jas

Jas dan celana terbuat dari bahan sama
Setelan jas yang dianggap baik dan berkualitas tinggi adalah jas yang potongannya benar-benar mantap membentuk tubuh pemakainya.

Setelan jas itu selalu terdiri sepasang jas dan celana panjang yang terbuat dari bahan dan warna sama. Banyak orang salah kaprah dengan paket ini. Misalnya jas ditukarkan dengan sport coat, blazer atau celananya memakai jeans dan celana kaki.

Ada lagi yang memakai jas hitam dengan celana biru tua. Bila pasangannya diganti-ganti seperti itu, tidak dimaafkan lagi, itu bukan setelan jas formal yang sebenarnya.

Bahan alami paling cocok untuk setelan jas dibuat dari bahan wol. Dengan memakai bahan itu, bentuk jas jadi bagus, di badan kelihatan enak jatuhnya dan dipakai terasa nyaman.

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan pada saat memakai setelan jas :

* Lihatlah dari belakang. Jas harus memiliki vent, belahan di bagian belakang jas. Letak belahan bisa di bagian tengah punggung, bisa juga di bagian kiri dan kanan belakang. Guna belahan itu untuk membuat jatuh jas tetap rapi saat dipakai duduk dan berdiri.

* Lihatlah dari samping. Garis tengah dari pundak ke bawah harus mengikuti bentuk punggung, bukannya tegak lurus. Bila tegak lurus berarti jas itu berpotongan longgar.

* Lihat dari depan. Bagian pinggang harus lebih ramping dari bagian pundak dan pinggul untuk menandakan potongannya pas.

Cara mendapatkan jas dengan ukuran dan bentuk yang sesuai tubuh kita adalah dengan memesannya khusus pada penjahit ternama. Saat ini di pasaran banyak di jual setelan jas siap pakai dengan kualitas bagus.

Kalau ukurannya belum sesuai, sebaiknya jas itu diperbaiki. Ukuran jas yang pas tidak bisa ditawar-tawar.

Pada prinsipnya ada dua jenis tipe jas.

perhatikan saat memakai jas
1. Single Breasted.
Bagian depan jas jenis ini bertemu di bagian tengah. Jumlah kancingnya bervariasi. Bila kancingnya dua atau tiga, jas ini termasuk klasik, bisa dipakai kapan saja.

Bila jumlahnya lebih dari itu, sifatnya alternatif dan biasanya merupakan model musiman yang tidak bertahan lama.

2. Double Breasted
Bagian depan kiri dan kanan jas ini saling menumpuk. Dengan model berdada ganda itu, bagian pundak berkesan lebih besar hingga pantas dikenakan untuk mereka yang mau mengalihkan dan menutupi bagian perut dan pinggang. Jas jenis ini kelihatan lebih konservatif dibanding jas single breasted.

Perlu Diingat

# Etika Menutup Kancing

Tutuplah kancing paling atas untuk jas berkancing dua dan dua teratas bilan memiliki tiga kancing. Kancing jas paling bawah selalu harus terbuka. Itu merupakan etika. Bila seseorang membuka kancing jasnya paling bawah pertanda ia mengerti cara memakai jas yang benar.

Secara fungsi, melepas kancing paling bawah berguna untuk membuat bentuk jas tetap kelihatan baik saat tangan dimasukkan dalam kantung celana dan saat jas dipakai duduk.

# Warna Pilihan

Semakin gelap warna setelan jas, semakin formal setelan itu. Setelan jas abu-abu biasanya dipakai untuk setelan jas kerja dan bersifat konservatif. Biru tua lazim dipakai untuk setelan pagi dan siang atau sebagai setelan non formal di malam hari. Setelan jas warna hitam merupakan pilihan terbaik untuk pakaian resmi dan bisa dipakai kapan saja.

Semakin gelap warna semakin formal
# Ukuran Panjang
Panjang jas yang lazim digunakan untuk banyak orang dan keperluan adalah jas dengan panjang menutup pantat. Lebih pendek dan lebih panjang dari ukuran standar itu, swifat jas berubah menjadi lebih trendi dan kasual.

Panjang lengan jas yang dianggap pas adalah sebatas buku dari jempol tangan paling atas. Ujung kemeja terlihat selebar 1,5 cm - 2 cm di balik ujung lengan jas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar